Pasang Iklan PPC di og, Merugikan atau Menguntungkan? | selalugampang

Pasang Iklan PPC di og, Merugikan atau Menguntungkan?

Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan
Pasang Iklan PPC di og, Merugikan atau Menguntungkan? -- What is PPC? adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari konten online yang ada blog/web kita. Sistem yang diberlakukan adalah dibayar setiap klik iklan valid. Jadi, intinya apabila anda berpartisipasi dalam bisnis PPC, maka anda harus mendaftarkan diri dan blog anda di situs penyedia PPC.

Setelah itu, anda perlu memasang script iklan PPC di blog/web anda. Setiap kali ada pengunjung blog yang mengklik iklan anda, maka anda akan memperoleh penghasilan. Dan apabila jumlah penghasilan yang dikumpulkan anda sudah mencapai batas tertentu, anda akan dibayar oleh situs PPC.
Di internet, ada banyak sekali situs PPC. Sistem yang diberlakukan hampir sama. Yang berbeda pada ketentuan, besaran pembayaran, minimal payout, dan lain sebagainya. Situs PPC yang paling digemari oleh webmaster (pengelola blog) antara lain Google AdSense, KlikSaya, IdBlogNetwork, Chitika, dan masih banyak lagi.

Mungkin sebagian dari anda kini ada yang berpartisipasi dalam bisnis online PPC. Sebagian yang lain mungkin belum. Dan mungkin sebagian lagi nggak mau tau tentang bisnis PPC. Saya kira hal itu tidak jadi masalah, karena memang tujuan ngeblog diantara kita tidak sama.
Kembali ke topik bahasan bahwasanya kini sudah banyak sekali para pengelola blog yang berpartisipasi dalam program PPC. Dengan harapan bisa mendapatkan uang dari blog yang mereka kelola. Namun, kita juga perlu berfikir secara komprehensif. Apakah situs PPC ini benar-benar bisa memberikan penghasilan? Apakah anda akan rugi ataukah untung jika pasang iklan PPC di blog? Dan bagaimana konsekuensinya jika anda berpartisipasi dalam bisnis PPC?
Setelah sebelumnya saya membahas tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Mudah. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan?. Berikut adalah uraiannya.

Pasang Iklan PPC Bisa Merugikan Jika
(i) Belum sempat payout malah di banned
Ini yang sering terjadi. Berbulan-bulan ngeblog untuk mendapatkan uang dari blog dengan berpartisipasi pada bisnis PPC, dan ketika akan mendekati payout, malah di banned oleh situs penyedian PPC secara sepihak. Ini biasanya terjadi karena kesalahan publisher yang tidak mentaati peraturan yang berlaku. Bisa juga karena situs PPC adalah scam. Alhasil uang yang dikumpukan berbulan-bulan lenyap seketika. Untuk itu, pastikan apabila anda mengikuti program PPC, anda harus mematuhi ketentuan yang berlaku, supaya akun anda aman dan terhindar dari banned. Selain itu, silahkan pilih situs PPC yang benar-benar membayar setiap publisher nya.
(ii) Sistem bagi hasil
Apabila trafik blog/web anda tinggi, mungkin anda bisa dikatakan rugi jika monetasi blog anda dengan situs PPC. Kok bisa? ya bisa aja karena sistem yang diberlakukan dalam bisnis PPC adalah sistem bagi hasil. Biasanya 50% untuk pihak situs PPC dan 50% untuk pihak publisher. Jadi, misalkan harga per klik iklan Rp 10.000, maka anda hanya akan memperoleh Rp 5.000. Yang Rp 5.000 lagi untuk situs PPC.
Padahal, apabila sebagian space di blog anda di sewakan kepada advertiser secara langsung (direct advertiser), maka anda akan memperoleh bayaran sepenuhnya. Dan itu dibayar di muka, bukan di akhir seperti ketentuan yang berlaku pada situs PPC.
(iii) Syarat dan ketentuan yang ketat
Anda akan selalu terkait dengan Term Of Service (TOS) situs PPC yang mana aturannya bisa dibilang cukup ketat. Anda tidak bisa bebas untuk membuat konten/artikel di blog anda, karena ada betasan-batasan tertentu yang tidak diperbolehkan oleh situs PPC. Selain itu, anda tidak boleh mengklik iklan anda sendiri, dan juga tidak boleh mengoptimasi blog web anda secara berlebihan. Karena hal itu sangat berisiko bagi akun PPC anda.
(iv) Mempengaruhi loading blog dan performa blog
Banyak iklan PPC yang sangat mempengaruhi loading blog. Yakni loading blog menjadi berat setelah script iklan PPC dipasang di blog. Hal itu sangat merugikan anda dan juga pemirsa blog anda. Selain itu yang tak kalah penting adalah tampilan atau materi iklan sepenuhnya diatur oleh pihak situs PPC. Sehingga terkadang iklan yang ditampilkan pun kurang menarik dan juga mengganggu kenyamanan pengunjung.

Pasang Iklan PPC Bisa Menguntungkan Jika…
(i) Tiap bulan bisa payout
Setiap bulan bisa memperoleh bayaran dari situs PPC merupakan ekspektasi setiap orang yang berpartisipasi dalam bisnis PPC. Siapa sih yang tidak suka kalau dapat gajian bulanan dari internet? Saya yakin pasti anda akan merasa bahagia. Namun, untuk bisa sukses dari bisnis PPC ternyata tidak mudah jika trafik blog/web kita rendah.
(ii) Tidak perlu mencari advertiser
Ada keuntungan tersendiri jika anda bisa pasang iklan PPC di blog. Yakni anda tidak perlu susah payah untuk mendapatkan pengiklan, karena iklan sepenuhnya sudah diatur oleh pihak PPC. Meskipun trafik blog anda rendah, pasti selalu ada iklan di blog anda. Beda halnya jika anda buka lapak iklan sendiri. Anda perlu meningkatkan jumlah trafik terlebih dahulu dan juga ranking blog anda agar para pengiklan bersedia memasang iklan mereka di blog anda.
(iii) Passive income
Bisnis online PPC termasuk bisnis yang santai untuk dilakuan. Selain gratis juga mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu membuat akun di situs PPC dan pasang iklan mereka di blog anda. Tugas anda hanya mengelola blog dengan cara menyajikan artikel/postingan yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Uang akan mengalir dengan sendirinya. Beda halnya jika anda menyewakan lapak iklan di blog kepada para advertiser. Anda perlu meningkatkan jumlah pengunjung terlebih dahulu agar mereka (advertiser) mau pasang iklan di blog/web anda.
(iv) Usaha sampingan
Saya tidak merekomendasikan bahwa bisnis PPC untuk pekerjaan utama anda karena alasan ketidakpastian tersebut. Karena sewaktu-waktu anda bisa dinonaktifkan secara sepihak oleh situs PPC. Anda ibarat karyawan. Oleh karena itu, anda perlu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs penyedia PPC. Saran saya, jadikan bisnis PPC sebagai usaha sampingan. Lebih baik prioritaskan pekerjaan anda di dunia offline.

Demikian tutorial kali ini, selalugampang. Semoga bermanfaat.
Mohon komentar dan saran anda.

0 Response to "Pasang Iklan PPC di og, Merugikan atau Menguntungkan?"

Posting Komentar

Kritik dan Saran Anda